Kamis, 17 Desember 2009

Surat Terbuka Jimmy Wales : Mari Bersama Dukung Wikipedia


Ensiklopedia online sekelas Wikipedia pasti telah begitu akrab dengan keseharian kita. Melalui media ini, setiap orang memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mengakses secara bebas pengetahuan tentang segala hal. Di bawah naungan organisasi nirlaba, Wikimedia Foundation, yang didirikan oleh Jimmy Wales, Wikipedia berkembang menjadi ensiklopedia online terbesar se jagad maya dengan berbagai pilihan bahasa. Peran Wikipedia begitu besar bagi perkembangan umat manusia. Karenanya, tak mengherankan jika sang pendiri sampai harus berpesan agar kita semua tetap memberikan support kepada Wikipedia agar tetap menjadi online encyclopedia yang bebas dari kepentingan komersial. Berikut adalah surat terbuka dari Jimmy Wales :

Surat dari pendiri Wikipedia, Jimmy Wales

Hari ini, saya meminta Anda untuk memberikan sumbangan untuk mendukung Wikipedia.

Saya memulai Wikipedia pada tahun 2001, dan selama delapan tahun terakhir ini, saya terkagum kagum ketika melihat ratusan ribu relawan bergabung dengan saya untuk membangun sebuah ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia.

Wikipedia bukanlah situs web komersial. Situs ini dibangun oleh komunitas, ditulis dan didanai sepenuhnya oleh orang-orang seperti Anda. Lebih dari 340 juta orang menggunakan Wikipedia setiap bulannya - hampir sepertiga dari dunia yang terhubung ke Internet. Anda adalah bagian dari komunitas ini.

Saya percaya pada kita. Saya percaya bahwa Wikipedia akan terus menjadi lebih baik. Itulah gagasan utamanya. Seseorang menulis sesuatu, lalu orang lain memperbaikinya sedikit, dan seiring dengan waktu, tulisan itu akan terus menjadi semakin baik. Jika Anda melihat betapa bergunanya [Wikipedia] saat ini, coba bayangkan berapa banyak yang dapat kita capai bersama-sama dalam 5, 10, 20 tahun.

Wikipedia adalah mengenai kekuatan orang-orang biasa seperti kita untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Orang-orang seperti kita menulis Wikipedia, satu kata demi satu kata. Orang-orang seperti kita mendanainya. Ini merupakan bukti potensi kolektif kita untuk mengubah dunia.

Kita perlu melindungi ruang tempat pekerjaan penting ini terjadi. Kita perlu melindungi Wikipedia. Kita ingin membuatnya tetap gratis dan bebas dari iklan. Kita ingin membuatnya tetap terbuka - Anda dapat menggunakan informasi di Wikipedia dengan cara apapun yang Anda inginkan. Kita ingin agar Wikipedia tetap berkembang - menyebarkan pengetahuan di mana-mana, dan mempersilakan partisipasi dari semua orang.

Wikimedia Foundation adalah organisasi nirlaba yang saya dirikan pada tahun 2003 untuk mengoperasikan, mengembangkan, memelihara, dan melindungi Wikipedia. Dengan sepuluh juta dolar AS setahun dan dengan staf yang kurang dari 35 orang, organisasi ini menjalankan situs kelima terpopuler di seluruh dunia. Saya meminta bantuan Anda sehingga kami dapat melanjutkan tugas tersebut.

Bayangkan sebuah dunia di mana setiap orang memiliki akses bebas ke segala pengetahuan umat manusia. Itulah cita-cita kami. Dan dengan bantuan Anda, kita akan sampai di sana.

Terima kasih telah menggunakan Wikipedia. Anda adalah bagian dari kisah ini: berikanlah sumbangan hari ini.

Jimmy Wales

Pendiri Wikipedia

___________________________________________________________________

So, mari bersama kita mendukung Wikipedia dengan kemampuan yang kita miliki. Tak harus dengan materi, tapi bisa juga dengan berpartisipasi menulis di dalamnya. Semoga Wikipedia tetap dapat eksis dan memberikan manfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar