Rabu, 16 Desember 2009

Cara Kerja Internet

Teknologi internet yang ada sekarang telah mengalami kemajuan yang sedemikian pesat dan digunakan begitu banyak manusia di jagad raya ini. Ia memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan bertukar informasi tanpa ada hambatan jarak dan waktu. International network atau internet terdiri dari ratusan ribu jaringan lebih kecil yang menghubungkan organisasi pendidikan, komersial, nirlaba, militer dan bahkan perorangan. Tetapi bagaimanakah cara kerja internet itu sebenarnya, dan apa saja yang dibutuhkan supaya kita bisa menggunakan internet ? Berikut ini adalah sedikit gambaran tentang bagaimana cara internet bekerja.

>> Server-Client

Untuk dapat terhubung dengan Internet website atau halaman web tertentu atau juga web blog, terlebih dulu kita harus terhubung dengan server, yang bekerja sepanjang hari kecuali bila ada gangguan atau sedang down. Server adalah komputer yang mengirimkan data data dari dan ke dalam Internet. Pengguna Internet yang meminta informasi dari server disebut client. Komputer yang kita gunakan adalah client yang meminta informasi dari ISP (Internet Service Provider).

>> Protokol

Server dan client saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa computer yang disebutprotokol. Jika kita terhubung dengan internet, kita akan melihat setiap alamat situs web diawali dengan http:// yang merupakan kependekan dari hypertext transfer protocol yang merupakan cara kerja dari World Wide Web. Protokol yang memungkinkan semua komputer menggunakan data yang ditransmisikan melalui internet disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol atau TCP/IP. TCP/IP ini dikembangkan oleh ARPA pada tahun 1978. TCP/IP digunakan pada semua transaksi internet, mulai dari mengirim email sampai men-download gambar dari situs teman anda. Prinsip utamanya, TCP/IP menentukan bagaimana piranti pengirim memberi tanda bahwa ia telah selesai mengirim pesan dan bagaimana piranti penerima memberi tanda bahwa ia telah selesai menerima pesan.

>> IP Address

Paket informasi dikirim dari komputer ke komputer (client ke server atau sebaliknya) menggunakan alamat numerik yang disebut IP address. IP address memberikan informasi dari mana paket berasal dan akan ditujukan ke mana. Alamat IP terdiri dari empat kelompok angka antara 0 sampai 255 yang dipisahkan oleh desimal (disebutdotted quad), seperti 1.160.10.240. IP address mirip dengan alamat jalan rumah. Bedanya, alamat rumah jarang berubah sedangkan IP address sangat sering berubah. Setiap kali anda terhubung ke internet melalui ISP, maka ISP akan memberikan alamat IP baru untuk komputer anda. Alamat IP ini disebut IP address dinamis, khusus untuk sesi online anda saat itu. Ketika anda meminta data dari internet, maka sebenarnya data ditransmisikan ke IP address komputer anda. Dan saat anda memutuskan koneksi internet (disconnect), ISP mengambil kembali IP address yang telah anda gunakan lalu memberikannya ke pengguna yang lain. IP address dinamis berubah setiap kali anda terhubung ke internet, sedangkan IP address statis bersifat tetap setiap kali seseorang log on ke internet. Situs web organisasi yang telah mapan, misalnya ISP, tentu memiliki alamat IP statis.

>> Internet Browser

Agar client dapat melihat informasi yang dikirim server, dibutuhkan Internet Browser. Internet Browser adalah sebuah program atau software yang digunakan untuk melakukan browsing seperti Internet Explorer, Firefox, Netscape, Opera, Google Chrome, dan lain-lain yang fungsinya untuk menerjemahkan informasi yang dikirim server kepada client secara rapi dan mudah sehingga pengguna internet mendapat kepuasan dalam membaca informasi yang aksesnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar